Rabu, 09 Februari 2011

PROFILE DINAS KEPENDUDUKAN DAN PECATATAN SIPIL

GAMBARAN UMUM ORGANISASI

Bidang Kependudukan merupakan salah satu kewenangan wajib yang diserahkan Pemerintah Kepada Daerah yang didalamnya mengandung aspek permasalahan yang komplek, oleh karena terkait dengan masalah peningkatan kualitas sumber daya manusia , kesejahteraan dan keadilan serta sangat berpengaruh dan dipengaruhi oleh    Kultur Budaya, Ekonomi,  Politik, Sosial dan Hukum.
Pelaksanaan kebijakan Administrasi kependudukan di Kabupaten Karawang menjadi tugas dan tanggung jawab Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, sesuai Perda Nomor 10 Tahun 2008 tentang Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Dinas Daerah dan Lembaga Teknis Daerah, Kecamatan dan Kelurahan, serta Peraturan Bupati Nomor 41 Tahun 2008 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang.

VISI DAN MISI ORGANISASI
Visi
“TERWUJUDNYA DATABASE KEPENDUDUKAN YANG AKURAT DAN TERPERCAYA”.

Misi
1.     Meningkatkan cakupan administrasi kependudukan dan kualitas pelayanan.
2.     Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang administrasi kependudukan.
3.     Menyediakan dan memberikan data dan informasi kependudukan.

TUPOKSI DAN SOTK
Tugas Pokok Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang.
Membantu Bupati dalam melaksanakan sebagian kewenangan daerah di Bidang Kependudukan, Pencatatan Sipil, serta tugas pembantuan yang ditugaskan kepada Pemerintah Daerah.

Fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang.
1.     Pengaturan atau perumusan kebijakan pemerintah daerah di Bidang Kependudukan, Pencatatan Sipil.
2.     Pelayanan masyarakat di Bidang Kependudukan, Pencatatan Sipil
3.     Pelaksanaan pengembangan program pemerintah daerah di Bidang Kependudukan, Pencatatan Sipil.

Struktur Organisasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
1.     Kepala Dinas
2.     Sekretariat, membawahi :
a.     Sub Bagian Program dan Pelaporan
b.     Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
c.     Sub Bagian Keuangan
3.     Bidang Kependudukan, membawahi :
a.     Seksi Pendaftaran Penduduk
b.     Seksi Mutasi Penduduk
c.     Seksi Sistem Informasi
4.     Bidang Pencatatan Sipil, membawahi :
a.     Seksi Pelayanan Akta Kelahiran dan Kematian
b.     Seksi Akta Perkawinan, Perceraian, Pengakuan dan Pengesahan Anak
c.     Seksi Dokumentasi Pencatatan Sipil
5.     Bidang Administrasi Kependudukan, membawahi :
a.     Seksi Penyuluhan Administrasi Kependudukan
b.     Seksi Pengendalian Administrasi  Kependudukan
c.     Seksi Analisa dan Evaluasi
6.     Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD)
7.     Kelompok Jabatan Fungsional

 Image

RENCANA STRATEGIS
Untuk mendukung tercapainya visi dan misi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang telah disusun rencana strategis sebagai berikut :
1.     Penataan administrasi kependudukan
2.     Penyuluhan administrasi kependudukan kepada masyarakat secara luas dan menyeluruh
3.     Pelayanan jemput bola
4.     Penyediaan sarana dan prasarana pelayanan yang memadai
5.     Peningkatan SDM pengelola administrasi kependudukan
6.     Penerapan SIAK dalam pelayanan adminduk
7.     Peningkatan cakupan pelayanan baik pendaftaran kependudukan maupun pencatatan sipil
8.     Penertiban dokumen kependudukan
9.     Pembinaan yang berkesinambungan baik kepada masyarakat maupun petugas pelayanan di tingkat kecamatan, desa, RT/RW

SASARAN STRATEGIS
Adapun sasaran strategis yang ingin dicapai adalah sebagai berikut :
1.     Tersedianya data kependudukan yang akurat
2.     Meningkatnya kesadaran masyarakat untuk memiliki dokumen kependudukan (KTP/KK, Akta catatan spil)
3.     Tersedianya sarana dan prasarana untuk menunjang pelayanan
4.     Tersedianya SDM petugas pelayanan yang handal dan profesional
5.     Meningkatnya kualitas pelayanan
6.     Meningkatnya cakupan pendaftaran kependudukan dan pencatatan sipil
7.     Terlaksananya tertib penggunaan dokumen kependudukan
8.     Terlaksananya tertib registrasi kependudukan
9.     Meningkatnya partisipasi masyarakat dibidang pembangunan kependudukan

PROGRAM STRATEGIS
1.     Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
2.     Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
3.     Program Peningkatan Disiplin Aparatur
4.     Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur
5.     Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan
6.     Program Penataan Administrasi Kependudukan
7.     Program Pencatatan Sipil

KEGIATAN STRATEGIS
1.     Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
a.     Penyediaan jasa surat menyurat
b.     Penyediaan jasa komunikasi, sumberdaya air, dan listrik
c.      Penyediaan jasa peralatan dan perlengkapan kantor
d.     Penyediaan jasa kebersihan kantor
e.     Penyediaan jasa perbaikan peralatan kantor
f.      Penyediaan alat tulis kantor
g.     Penyediaan barang cetakan dan penggandaan
h.     Penyediaan komponen instalasi listrik/penerangan bangunan kantor
i.      Penyediaan bahan bacaan dan perundang-undangan
j.      Penyediaan makanan dan minuman
k.     Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi ke luar daerah
l.      Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi ke dalam daerah
m.    Penyediaan jasa pelayanan perkantoran
2.     Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
a.     Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor
b.     Pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas/operasional
c.      Pengadaan sarana peralatan kantor
d.     Pengadaan perlengkapan kantor mesin potong rumput
e.     Lebelisasi barang inventaris OPD
f.      Pemeliharaan sistem administrasi kepegawaian
3.     Program Peningkatan Disiplin Aparatur
a.     Pengadaan pakaian dinas beserta perlengkapannya
b.     Pengadaan pakaian dinas khusus hari-hari tertentu
4.     Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan.
a.     Penyusunan laporan capaian kinerja dan ikhtisar realisasi kinerja
b.     Operasional pengelolaan KTP dan KK
c.      Penyusunan laporan keuangan
5.     Program Penataan Administrasi Kependudukan
a.     Pembangunan dan pengoperasian SIAK secara terpadu
b.     Pelatihan tenaga pengelola SIAK
c.      Implementasi sistem administrasi kependudukan
d.     Pembentukan dan penataan sistem koneksi (inter-phase tahap awal) NIK
e.     Sosialisasi kebijakan kependudukan
f.      Penertiban dokumentasi kependudukan
g.     Biaya cetakan KTP dan KK gratis
h.     Pengembangan data base kependudukan SIAK
i.      Pengadaan buku induk, formulir, dan surat-surat administrasi kependudukan
6.     Program Pencatatan Sipil
a.     Pelayanan akta di tempat
b.     Pengadaan blanko akta-akta catatan sipil dan buku register
c.      Penerapan SIAK kedalam pembuatan akta catatan sipil
d.     Peningkatan kapasitas pelayanan pendaftaran akta catatan sipil


DATA PENDUDUK KABUPATEN KARAWANG
DARI TAHUN 2005 SAMPAI DENGAN TAHUN 2008
BERDASARKAN LAPORAN BULANAN DAN PEMBANGUNAN DATABASE

NO
KECAMATAN
TAHUN
KET
2005
2006
2007
2008
1
Karawang Barat
137.217
139.400
139.115
134.866

2
Pangkalan
33.035
33.210
33.268
35.499

3
Telukjambe Timur
86.664
87.033
88.241
105.197

4
Ciampel
29.328
32.397
32.537
33.095

5
Klari
118.654
118.935
120.835
129.316

6
Rengasdengklok
91.481
96.571
97.252
97.204

7
Kutawaluya
55.384
55.379
55.773
53.262

8
Batujaya
70.429
71.035
71.220
78.758

9
Tirtajaya
63.676
63.883
64.114
66.976

10
Pedes
68.261
70.680
72.115
72.832

11
Cibuaya
48.221
49.706
49.795
53.416

12
Pakisjaya
36.247
36.675
36.720
36.805

13
Cikampek
83.001
87.787
90.749
92.389

14
Jatisari
66.316
67.130
68.012
71.554

15
Cilamaya Wetan
73.414
73.749
73.746
79.124

16
Tirtamulya
42.902
42.702
43.013
44.417

17
Telagasari
59.775
61.409
61.426
63.247

18
Rawamerta
44.615
47.061
47.039
48.230

19
Lemahabang
58.065
58.052
57.939
62.561

20
Tempuran
59.885
62.191
62.348
59.446

21
Majalaya
35.950
35.611
35.837
39.411

22
Jayakerta
60.326
61.537
61.815
57.270

23
Cilamaya Kulon
60.196
61.817
62.007
60.118

24
Banyusari
52.372
52.558
52.361
53.630

25
Kota Baru
95.616
95.716
95.942
95.520

26
Karawang Timur
84.160
84.299
84.929
87.905

27
Telukjambe Barat
42.683
44.053
44.302
46.314

28
Tegalwaru
33.203
32.838
32.969
33.940

29
Purwasari
51.470
52.478
52.571
50.073

30
Cilebar
40.752
41.006
41.043
42.444

JUMLAH
1.883.308
1.916.898
1.929.033
1.984.819